Kamis, 22 November 2012

25 Nabi & Rasul


بِسْمِ اللهِ الرَحْمَنِ الرَحِيْمِ

Tulisan ini terilhami dari surat seorang teman yang merasa malu tidak mengetahui Nama-nama Nabi dan Rasul yang wajib kita ketahui. Padahal jumlah Nabi/Rasul yang wajib kita ketahui itu hanya 25. Sedangkan kita hidup di dunia ini puluhan tahun.


Sebagai orang mukmin yang telah dewasa, kita wajib percaya dengan adanya Nabi/Rasul karena percaya kepada Nabi/Rasul merupakan salah satu rukun iman. [ Lihat hadits Arba’in Imam Nawawi hadits no 2].



Sebelum menyebutkan nama-nama Nabi/Rasul yang wajib kita ketahui, akan lebih baik jika kita mengetahui apa yang dimaksud Nabi dan Rasul dan perbedaannya.



Nabi adalah Orang pilihan yang diberi wahyu oleh Allah swt dan mempunyai kewajiban untuk disampaikan kepada umatnya. Sedangkan Rasul adalah orang pilihan yang diberi wahyu oleh Allah swt dan diberi kewajiban untuk menyampaikannya kepada umatnya. Jadi, persamaan antara Nabi dan Rasul adalah sama orang pilihan yang diberi wahyu oleh Allah swt. Dan perbedaannya adalah kalau Nabi tidak diwajibkan untuk menyampaikan wahyu yang diterimanya sedangkan Rasul mempunyai kewajiban untuk menyampaikan wahyu yang diterimanya. Seorang Nabi belum tentu seorang Rasul tetapi Rasul sudah pasti seorang Nabi.



Menurut jumhur Ulama, jumlah Nabi yang diutus Allah swt ada 124.000. Dari 124.000 Nabi, yang diangkat menjadi Rasul hanya 313. Dan dari 313 Rasul, yang wajib kita ketahui hanya 25 Rasul. Sungguh Maha Pemurah Allah swt yang hanya mewajibkan kita 25 Rasul untuk diketahui. Bayangkan jika semua rasul harus kita ketahui namanya. Subhanalloh.



Berikut ini Nama-nama Nabi/Rasul yang wajib kita ketahui. Adapun urutannya, saya merujuk kepada Kitab ‘Aqidatul ‘Awam, sebuah kitab Tauhid untuk Orang Awam/Dasar yang berbentuk Nadhom/syair karangan Syaikh Ahmad Marzuqi. Jadi dimungkinkan adanya perbedaan urutan.

1. Nabi Adam as
2. Nabi Idris as
3. Nabi Nuh as
4. Nabi Hud as
5. Nabi Sholih as
6. Nabi Ibrahim as
7. Nabi Luth as
8. Nabi Isma’il as
9. Nabi Ishaq as
10. Nabi Ya’qub as
11. Nabi Yusuf as
12. Nabi Ayyub as
13. Nabi Syu’aib as
14. Nabi Harun as
15. Nabi Musa as
16. Nabi Yasa’ as
17. Nabi Dzulkifli as
18. Nabi Dawud as
19. Nabi Sulaiman as
20. Nabi Ilyas as
21. Nabi Yunus as
22. Nabi Zakariya as
23. Nabi Yahya as
24. Nabi ‘Isa as
25. Nabi Muhammad saw


Dari kedua puluh lima Rasul di atas, ada 5 Rasul yang memiliki keteguhan yang sangat luar biasa, yang disebut Ulul ‘Azmi. Kelima rasul tersebut adalah Nabi Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan Nabi Muhammad. Dan yang paling tinggi derajatnya di antara kelimanya adalah Nabi Muhammad saw. Diikuti Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi ‘Isa dan terakhir adalah Nabi Nuh.